KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DOKUMENTER SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SINJAI

Maksum, Khairun Nisa (2016) KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DOKUMENTER SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SINJAI. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf argumentasi tanpa menggunakan media video, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan media video dokumenter. (3) mendekripsikan atau membuktikan keefektifan media film dokumenter dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan post test only control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu penerapan media video dokumenter dalam pembelajaran di kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa media video dokumenter di kelas kontrol sebagai variabel bebas, serta keterampilan menulis paragraf argumentasi sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sinjai. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel acak sederhana. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh sampel kelas X7 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Keabsahan data penelitian diperoleh melalui validitas isi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis paragraf argumentasi. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa dalam keterampilan menulis paragraf argumentasi tanpa menggunakan media video dokumenter kelas X SMA Negeri 2 Sinjai tidak mencapai ketuntasan, sedangkan nilai yang diperoleh siswa dalam keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan media video dokumenter kelas X SMA Negeri 2 Sinjai telah mencapai ketuntasan. Penggunaan media video dokumenter dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi efektif daripada tanpa menggunakan media video dokumenter. Hal ini berdasarkan nilai thitung = 8,419 dengan taraf signifikansi (p) = 0,05. Untuk nilai ttabel = 2,004 yang diperoleh dari daftar nilai ttabel yang sudah ditentukan. Sesuai dengan kaidah uji hipotesis untuk nilai thitung = 8,419 ≥ ttabel = 2,004, maka secara signifikan untuk menerima H1 dan menolak H0. Kata Kunci: menulis, paragraf argumentasi, video dokumenter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:08
Last Modified: 18 Dec 2017 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4247

Actions (login required)

View Item View Item