INTERAKSI ANTARA MANUSIA DAN ALAM DALAM NOVEL RAHASIA PELANGI KARYA RIAWANI ELYTA & SHABRINA WS (PENDEKATAN EKOKRITIK GREG GARRARD)

Rivai, Jack (2019) INTERAKSI ANTARA MANUSIA DAN ALAM DALAM NOVEL RAHASIA PELANGI KARYA RIAWANI ELYTA & SHABRINA WS (PENDEKATAN EKOKRITIK GREG GARRARD). Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
JURNAL (JACK RIVAI).pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jack Rivai, 2019. “Interaksi Antara Manusia dan Alam dalam Novel Rahasia Pelangi Karya Riawani Elyta & Shabrina WS (Pendekatan Ekokritik Greg Garrard)”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Juanda dan Hajrah). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi antara manusia dan alam dalam novel Rahasia Pelangi karya Riawani Elyta & Shabrina WS berdasarkan pendekatan ekokritik Greg Garrard. Data dalam penelitian ini adalah kalimat, kutipan, paragraf, dan pernyataan dalam novel Rahasia Pelangi karya Riawani Elyta & Shabrina WS yang dianggap mempresentasikan interaksi antara manusia dan alam berdasarkan pendekatan Ekokritik Greg Garrard. Sumber data dalam penelitian ini adalah sebuah novel yang berjudul Rahasia Pelangi karya Riawani Elyta & Shabrina WS dengan ketebalan x + 326 hlm; 13 x 19 cm. ISBN 979-780-820-3. Cetakan 1 diterbitkan pada tahun 2015 oleh Gagas Media, Jakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik baca dan catat pada kartu data, melalui tiga teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data atau display data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis terdiri atas dua poin; 1) konflik antara interaksi manusia dan alam yang berdasarkan konsep ekokritik Greg Garrard; hewan (animals), perumahan/tempat tinggal (dwelling), pencemaran (pollution), hutan belantara (wilderness) dan 2) harmonisasi antara interaksi manusia dan alam dilihat dari nilai-nilai kearifan lingkungan. Masing-masing bagian tersebut mendeskripsikan beberapa data, sehingga dapat diketahui maksud yang akan disampaikan oleh pengarang. Konsep pemikiran mengenai teori ekokritik Greg Garrard sangat tepat menjadi pisau bedah pada novel Rahasia Pelangi. Kata kunci: interaksi, manusia, alam, konflik, harmonis, Greg Garrard

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Apr 2019 05:11
Last Modified: 11 Apr 2019 05:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13004

Actions (login required)

View Item View Item