PENGARUH MODEL SHOW NOT TELL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 MAROS

Awalia, Riska (2020) PENGARUH MODEL SHOW NOT TELL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 MAROS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riska Awalia, 2020 “Pengaruh Model Show Not Tell terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Maros”. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (Dibimbing oleh Ramly dan Idawati). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Maros sebelum menggunakan model show not tell; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Maros setelah menggunakan model show not tel; (3) membuktikan pengaruh model show not tell terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri Maros. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif pra-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu, one-group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Maros. Populasi penelitian, yaitu keseluruhan siswa Kelas XI yang berjumlah 168 siswa. Sampel yang terpilih, yaitu siswa Kelas XI MIPA 2. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak kelas (random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dalam bentuk tes menulis cerpen pada pretest dan posttets. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks cerpen siswa sebelum menerapkan model show not tell berada pada kategori sangat kurang mampu dengan nilai rata-rata 46.60. Kemampuan menulis teks cerpen siswa setelah menerapkan model show not tell dikategorikan cukup mampu dengan nilai rata-rata 70.50. Penerapan model show not tell berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Maros. Berdasarkan hasil analisis data bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05, maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Kata Kunci: Model Show Not Tell, Menulis, Teks Cerpen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:46
Last Modified: 01 Dec 2020 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18608

Actions (login required)

View Item View Item