Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 33 Makassar

Ashari N, Ashari N (2018) Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 33 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Makassar, dengan memperhatikan aspek isi teks deskripsi, struktur teks deskripsi, dan ciri kebahasaan teks deskripsi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah kemampuan siswa menulis teks deskripsi dengan memperhatikan aspek isi, struktur, dan ciri kebahasaan. Data penelitian ini berupa nilai siswa menulis teks deskripsi dengan menggunakan skor yang telah ditetapkan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 33 Makassar yang berjumlah 252 siswa. Penarikan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik random class. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VII D yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes unjuk kerja menulis teks deskripsi berdasarkan aspek isi, struktur, dan ciri kebahasaan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dalam menulis isi teks deskripsi yaitu 67,9 dengan persentase 62,5% yang berada pada kategori cukup mampu; menyusun struktur teks deskripsi yaitu 67,2 dengan persentase 62,5% yang berada pada kategori cukup mampu; dan menggunakan ciri kebahasaan dalam menulis teks deskripsi yaitu 55,1 dengan persentase 34,4% yang berada pada kategori kurang mampu. Secara umum, hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 33 Makassar yang dilihat dari nilai rata-rata 63,4 dengan persentase 56,3% tergolong cukup mampu menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas dalam pengajaran mata pelajaran bahasa Indonesia khusus pada proses penerapan pembelajaran menulis teks deskripsi. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Deskripsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 May 2018 03:39
Last Modified: 11 May 2018 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8504

Actions (login required)

View Item View Item