IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 3 WAJO

FITRIANA, FITRIANA (2019) IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 3 WAJO. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
FITRIANA PBSI_1550140042_ARTIKEL.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK FITRIANA, 2019. Implementasi Sistem Pembelajaran Full Day School Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 3 Wajo. (dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Idawati Garim). Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pengimplementasian sistem pembelajaran full day school pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 3 Wajo. Serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian sistem pembelajaran full day school pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 3 Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa Indonesia, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, deskripsi data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian sistem pembelajaran full day school pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI; SMA Negeri 3 Wajo terdiri dari tiga kegiatan yaitu (1) perencanaan pembelajaran dalam sistem full day school sama saja dengan pembelajaran biasa. Perbedaannya hanyalah guru harus merancang desain pembelajaran dengan baik (2) pelaksanaan pembelajaran secara umum terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup sama saja dengan pembelajaran biasa hanya saja peserta didik sudah tidak diberikan pekerjaan rumah, kegiatan pembelajaran berbasis IT dan pembelajaran yang tidak hanya di dalam kelas tetapi juga dilakukan di luar kelas; (3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru dalam dalam implementasi sistem pembelajaran full day school mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI memuat evaluasi hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Adapun faktor pendukung implementasi sistem pembelajaran full day school mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 3 Wajo yaitu: 1) sarana dan prasarana yang memadai seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium bahasa, dan ruang multimedia; 2) sumber daya manusia yang berkualitas; 3) lingkungan yang cukup kondusif; 4) Inovasi dalam proses pembelajaran; 5) komunikasi yang baik antara orang tua peserta didik dengan sekolah; 6) peran dan dukungan orang tua; 7) peran guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: 1) sarana dan prasarana kurang memadai seperti LCD, speaker; wifi dan kipas angin 2) perbandingan jumlah guru dan peserta didik yang tidak seimbang; 3) kurangnya kesadaran peserta didik; 4) Kondisi fisik peserta didik yang mudah lelah dan jenuh Kata kunci: Implementasi, full day school, bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Oct 2019 01:00
Last Modified: 23 Oct 2019 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item View Item