“Peningkatan Keterampilan Bercerita dalam Bahasa Bugis melalui Media Gambar Siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 1 Parepare”

Halijah, Halijah (2016) “Peningkatan Keterampilan Bercerita dalam Bahasa Bugis melalui Media Gambar Siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 1 Parepare”. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita dalam bahasa Bugis menggunakan media gambar pada siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 1 Parepare. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 1 Parepare semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri atas 21 laki-laki dan 15 perempuan. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan proses pembelajaran. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan bercerita dalam bahasa Bugis melalui media gambar siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 1 Parepare yang ditandai dengan: (1) meningkatnya aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran melalui media gambar dari baik menjadi sangat baik, perilaku guru menggunakan media gambar dalam pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sehingga berdampak positif terhadap aktifitas siswa. Aktifitas atau perilaku siswa selama belajar menggunakan media gambar mengalami perubahan dan peningkatan, siswa yang tadinya tidak aktif berubah menjadi aktif. (2) pada siklus I nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 59,5 nilai tersebut belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan karena perolehan nilai siswa belum mencapai taraf keberhasilan 70 atau kategori baik secara klasikal. Pada siklus II keterampilan bercerita dalam bahasa Bugis melalui media gambar siswa kelas VII 2 mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rerata 73,5 dan telah mencapai taraf keberhasilan sehingga tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Sehubungan dengan penelitian ini, saran yang diajukan peneliti sebagai berikut: (1) guru bahasa daerah hendaknya lebih kreatif dengan menggunakan media yang bervariasi diantaranya media gambar dalam pengajaran bahasa, (2) pihak sekolah kiranya dapat bekerja sama dalam melakukan pembenahan bahan, media dan alat-alat yang dapat menunjang penggunaan metode-metode yang akan dilaksanakan dalam hal ini pengajaran bahasa, (3) bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti hal yang serupa, agar lebih menambah wawasan serta keterampilan mengajar untuk membantu mengatasi permasalahan yang akan dihadapi nantinya selaku calon pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 06:35
Last Modified: 30 Apr 2018 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item View Item