POSTFEMINISME DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA 2 KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

MUHAYYANG, MUSHDIQAH (2019) POSTFEMINISME DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA 2 KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. S1 thesis, Pascasarjana.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mushdiqah Muhayyang 2019. Postfeminisme dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El Shirazy. (Dibimbing oleh Sulastriningsih Djumingin dan Muh. Taufik) Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan postfeminisme dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy; (2) untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy. Data dalam penelitian ini adalah semua kutipan teks berupa kata-kata, frasa, atau kalimat baik berupa monolog, dialog, maupun narasi yang mencerminkan gambaran postfeminisme dan nilai pendidikan karakter yang terdapat novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik pengumpulan data adalah membaca, mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mereduksi data yang berbentuk kalimat atau paragraf dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat gambaran postfeminisme dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy yang terwakili dalam tiga aspek: (1) membebaskan perempuan menjadi feminin sesuai keinginan sendiri; (2) menerima perbedaan dan dinamika identitas; dan (3) membangun konstruksi sosial yang terlepas dari label simbolik. Kedua, terdapat nilai pendidikan karakter dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy. Nilai pendidikan karakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, dan peduli sosial. Kata Kunci: postfeminisme, nilai pendidikan karakter, feminisme

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:02
Last Modified: 11 Mar 2019 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12501

Actions (login required)

View Item View Item