ANALISIS PENGGUNAAN PEMARKAH KOHESI PADA TEKS EKSPOSISI KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ALLA KABUPATEN ENREKANG

Asrindah, Asrindah (2019) ANALISIS PENGGUNAAN PEMARKAH KOHESI PADA TEKS EKSPOSISI KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ALLA KABUPATEN ENREKANG. Diploma thesis, FBS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Analisis Penggunaan Pemarkah Kohesi pada Teks Eksposisi Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar. ( Muhammad Saleh dan Muh. Taufik). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis pemarkah kohesi, baik leksikal maupun gramatikal padateks eksposisi karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Alla Kabupaten Enrekang. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 25 orang dengan menggunakan teknik pengumpulan data brupa tes unjuk kerja ( menulis karangan eksposisi ), sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 teks eksposisi karangan siswa terdapat 10 jenis pemarkah kohesi dengan total 452 kali penggunaan yang terdapat dalam karangan siswa. Pemarkah kohesi leksikal sebanyak 143 kali penggunaan dan gramatikal 309 kali penggunaan dengan persebaran dari yang tertinggi sampai terendah yakni repetisi dengan 33 kali atau 7,30%, sinonim 30 kali atau 6, 64%, antonim 3 kali atau 0, 66%, hiponim 6 kali atau 1, 33%, kolokasi 47 kali atau 10, 40%, ekuivalensi 24 kali atau 5, 31%, referensi 134 kali atau 29, 65%, subtitusi 37 kali atau 8, 19%, konjungsi 125 kali atau 27, 65%, dan elipsis 13 kali atau 2, 88%. Kata Kunci: Analisis, Pemarkah Kohesi, Teks Eksposisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:52
Last Modified: 12 Feb 2019 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12187

Actions (login required)

View Item View Item