Keefektifan Strategi Critical Incident (pengalaman penting) dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Selatan

SUARNI, SUARNI and Salam, Salam and Syamsudduha, Syamsudduha (2018) Keefektifan Strategi Critical Incident (pengalaman penting) dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Selatan. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL .pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan Strategi Critical Incident (pengalaman penting) dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Selatan.Jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen.Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen murni.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri1 Sinjai Selatan.Populasi penelitian, yaitu keseluruhan siswa kelas VIII yang berjumlah dua ratus delapan belas siswa.Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana dengan teknik simple random sampling.Sampel yang terpilih, yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dalam bentuk tes yaitu tes cerita pendek. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 20.0. Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS 20.0 dapat diketahui bahwa hasil uji normalitas pretest kontrol yaitu 0,904 dan pretest eksperimen yaitu 0,127. Uji normalitas pada semua data menunjukkan P > 0,05, semua data dikatakan normal. Uji homogenitas data pretest kontrol dan eksperimen yaitu 0,135. Uji homogenitas data menunjukkan P > 0,05 adalah homogen Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis cerpen siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.0. Uji-t data posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai P = 0,001 (P < 0,05 = signifikan). Kata kunci: keefektifan, Strategi Critical Incident, menulis cerpen , perbedaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2018 06:45
Last Modified: 06 Dec 2018 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11568

Actions (login required)

View Item View Item