Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Bahasa Bugis melalui Strategi Belajar PQ4R pada Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidrap

Rusdi, Nur Aryana (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Bahasa Bugis melalui Strategi Belajar PQ4R pada Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidrap. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran membaca pemahaman teks bahasa Bugis melalui penerapan strategi belajar PQ4R pada siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Sidenreng di Kabupaten Sidrap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Sidenreng dengan jumlah siswa 38 orang pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada tahap pelaksanaan siklus I dan siklus II dipergunakan lembar observasi guru dan siswa serta tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) pada pembelajaran membaca pemahaman teks bahasa Bugis pada kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Sidenreng Kabupaten Sidrap dapat meningkatkan proses dan pembelajaran. Hal tersebut tampak pada kedisiplinan, keaktifan, ketelitian dan tanggung jawab siswa selama proses pembelajaran. Hasil pembelajaran membaca pemahaman teks bahasa Bugis siswa melalui strategi belajar PQ4R Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Sidenreng di Kabupaten Sidrap juga mengalami peningkatan dengan persentase 52,6% pada siklus I meningkat menjadi 87% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 06:46
Last Modified: 30 Apr 2018 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8300

Actions (login required)

View Item View Item