ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERDASARKAN UNSUR INTRINSIK DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MAKASSAR

Sari, Fitri Sinta and Saleh, Muhammad and Taufik, Muh. (2018) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERDASARKAN UNSUR INTRINSIK DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL - FITRI SINTA SARI (1451040035).pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Analisiskemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Unsur Intrinsik dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar yang berjumlah 362 orangyang tersebarke dalam 10 kelas. Jenis penarikan sampel yang digunakan adalah random sampling. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-B yang berjumlah 36 0rangsiswa SMP Negeri 13 Makassar, dilaksanakan pada semester ganjil, tepatnya pada tanggal 28 Agustus – 4 September dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes untuk kerja (menulis puisi), sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskritif kuantitatif dan statistik deskritif kualitatif. Hasil penelitian deskritif kuantitatif ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar dikategorikan tidak mampu mencapai standar pencapaian yang telah ditentukan yakni sebanyak 72% dengan kriteria ketuntasan minimal75%. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 26 yang mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penelaian tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan berada pada taraf sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian, siswa yang memperoleh nilai kriteria kentutasan minimal (KKM) yakni ≥75 hanya berjumlah 26 dengan presentase 72% dan yang memperoleh nilai <75 berjumlah 10 orang siswa dengan presentase sebesar 28%. Deskritif kualitatif hasil analisis unsur intrinsik yaitu pada aspek tema siswa dinyatakan dapat menggambarkan tema secara jelas. Pada aspek amanat siswa dalam mengungkapkan amanat dalam isi sudah jelas. Pada aspek kata konkret siswa dalam pengungkapannya kata-kata dapat menyarankan kepada arti yang menyeluruh. Pada aspek diksi siswa dinyatakan siswa sedikit sekai melakukan kesalahan dalam memilih dan menggunakan kata. Pada aspek nada dan suasana siswa dinyatakan nada dan suasana yang ditimbulkan dalam puisi sudah tepat. Pada aspek pengimajinasian siswa dinyatakan masih kurang bermakna, tetapi dapat dipahami. Pada aspek tipografi siswa dinyatakan dalam penggunaan unsur seni dan tata huruf sudah tepat. Pada aspek bahasa figuratif siswa dinyatakan dalam pemilihan kiasan majas dalam isi puisi tepat. Terakhir pada aspek perasaan siswa dinyatakan dalam penggunaan unsur perasaan sudah tepat. Kata Kunci: Kemampuan, menulis puisi, media lingkungan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Analisiskemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Unsur Intrinsik dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar yang berjumlah 362 orangyang tersebarke dalam 10 kelas. Jenis penarikan sampel yang digunakan adalah random sampling. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-B yang berjumlah 36 0rangsiswa SMP Negeri 13 Makassar, dilaksanakan pada semester ganjil, tepatnya pada tanggal 28 Agustus – 4 September dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes untuk kerja (menulis puisi), sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskritif kuantitatif dan statistik deskritif kualitatif. Hasil penelitian deskritif kuantitatif ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar dikategorikan tidak mampu mencapai standar pencapaian yang telah ditentukan yakni sebanyak 72% dengan kriteria ketuntasan minimal75%. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 26 yang mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penelaian tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan berada pada taraf sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian, siswa yang memperoleh nilai kriteria kentutasan minimal (KKM) yakni ≥75 hanya berjumlah 26 dengan presentase 72% dan yang memperoleh nilai <75 berjumlah 10 orang siswa dengan presentase sebesar 28%. Deskritif kualitatif hasil analisis unsur intrinsik yaitu pada aspek tema siswa dinyatakan dapat menggambarkan tema secara jelas. Pada aspek amanat siswa dalam mengungkapkan amanat dalam isi sudah jelas. Pada aspek kata konkret siswa dalam pengungkapannya kata-kata dapat menyarankan kepada arti yang menyeluruh. Pada aspek diksi siswa dinyatakan siswa sedikit sekai melakukan kesalahan dalam memilih dan menggunakan kata. Pada aspek nada dan suasana siswa dinyatakan nada dan suasana yang ditimbulkan dalam puisi sudah tepat. Pada aspek pengimajinasian siswa dinyatakan masih kurang bermakna, tetapi dapat dipahami. Pada aspek tipografi siswa dinyatakan dalam penggunaan unsur seni dan tata huruf sudah tepat. Pada aspek bahasa figuratif siswa dinyatakan dalam pemilihan kiasan majas dalam isi puisi tepat. Terakhir pada aspek perasaan siswa dinyatakan dalam penggunaan unsur perasaan sudah tepat. Kata Kunci: Kemampuan, menulis puisi, media lingkungan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Dec 2018 05:13
Last Modified: 17 Dec 2018 05:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11634

Actions (login required)

View Item View Item