Pengaruh Pemanfaatan Media Shadow Puppet Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep.

EPA, PUSPITA (2017) Pengaruh Pemanfaatan Media Shadow Puppet Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
5 bab 1 pendahuluan.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 bab II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 bab III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 bab IV.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 bab V.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep tanpa menggunakan media shadow puppet; (2) Mendeskripsikan kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep dengan menggunakan media shadow puppet; (3) Mengungkapkan pengaruh pemanfaatan media shadow puppet terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan yaitu True Experimental Design pada bagian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Penarikan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 42 siswa yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas VII A sebanyak 21 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebanyak 21 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan posttes terhadap dua kelas dengan perlakuan berbeda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan bercerita pada kelas kontrol yang tanpa menggunakan media shadow puppet belum mencapai ketuntasan klasikal (9%) dengan nilai rata-rata 59,20 berada pada kategori kurang mampu; (2) Kemampuan bercerita pada kelas eksperimen yang menggunakan media shadow puppet telah mencapai ketuntasan klasikal (76,19%) dengan nilai rata-rata 72,50 berada pada kategori mampu; (3) Pemanfaatan media shadow puppet berpengaruh terhadap kemampuan bercerita, hal ini dibuktikan pada hasil analisis statistik inferensial pada uji statistik inferensial menggunakan independent sample t test.. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,840 > ttabel = 2,423, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Kata Kunci: pengaruh, media, shadow puppet, bercerita

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 02:54
Last Modified: 18 Dec 2017 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4243

Actions (login required)

View Item View Item