Kemampuan menulis puisi Bugis siswa kelas VIII SMP 32 Satap Mangngai Desa Patanyamang Kabupaten Maros melalui media lingkungan

Hidayat, Faisal (2016) Kemampuan menulis puisi Bugis siswa kelas VIII SMP 32 Satap Mangngai Desa Patanyamang Kabupaten Maros melalui media lingkungan. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
bab 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
bab 5.docx

Download (16kB)

Abstract

Metode penulisan puisi dan Hakikat penulisan puisi pada penelitian ini sama maknanya dengan unsur fisik dan unsur batin ataupun unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi Bugis siswa kelas VIII SMP 32 Satap Mangngai Desa Patanyamang Kabupaten Maros melalui media lingkungan. Penelitian ini bersifat deskripstif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 32 SATAP Mangngai Desa Patanyamang Kecamatan Camba Kabupaten Maros adalah 19 siswa. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yaitu sebanyak 19 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes tertulis berupa tes essai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis puisi Bugis siswa kelas VIII SMP 32 SATAP Mangngai berdasarkan hasil tes kemampuan siswa hanya 6 sampel (31,57 %) yang mampu mendapat nilai 70 keatas. Sedangkan, sebanyak 13 siswa (68,42 % yang mendapat nilai di bwah 70. Berdasarkan nilai yang diperoleh dari hasil analisis data, dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis puisi Bugis siswa kelas VIII SMP 32 SATAP Mangngai Desa Patanyamang melalui media lingkungan belum mampu karena tidak mencapai kriteria pencapaian maksimal yang ditetapkan yaitu 85%. Dalam karya ilmiah ini, peneliti menyarankan agar hendaknya pembelajaran bahasa dan sastra daerah Bugis di kelas VIII SMP 32 SATAP Mangngai Desa Patanyamang Kecamatan Camba Kabupaten Maros lebih ditingkatkan dengan selalu memberikan pelatihan kepada siswa dalam pembelajaran tentang Puisi Bugis, khususnya dalam menentukan tema, diksi, bahasa figuratif, pengimajian, kata kongkret, dan amanat. Guru juga hendaknya merangsang dan memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih giat belajar, agar mereka dapat mengenal karya sastra sastra khususnya puisi Bugis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 May 2018 02:43
Last Modified: 23 May 2018 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8750

Actions (login required)

View Item View Item