KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI STRATEGI LISTENING TEAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BALUSU KABUPATEN BARRU

Ramdhani, Sri (2019) KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI STRATEGI LISTENING TEAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BALUSU KABUPATEN BARRU. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel Sri Ramdhani 1551042003.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

vii ABSTRAK Sri Ramdhani. “Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Strategi Listening Team Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Balusu Kabupaten Barru”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Idawati). Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Balusu Kabupaten Barru dalam menulis teks berita, sedangkan secara khusus diuraikan sebagai berikut: 1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita dari aspek struktur melalui strategi listening team siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balusu Kabupaten Barru; 2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita dari aspek isi melalui strategi listening team siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balusu Kabupaten Barru; 3) mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita melalui aspek penggunaan bahasa melalui strategi listening team siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balusu Kabupaten Barru. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 30 siswa SMP Negeri 1 Balusu Kabupaten Barru. Penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik sampel acak (random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Balusu Kabupaten Barru dikategorikan tidak terampil. Hal ini tergambar dengan jelas pada pemerolehan nilai rata-rata siswa dalam menulis berita pada perolehan aspek struktur yaitu 64,1 yang berada pada kategori kurang terampil, isi yaitu 69,1 dengan kategori kurang terampil, dan pada aspek penggunaan bahasa yaitu 60 dengan kategori kurang terampil. Hal tersebut tergambar dengan pekerjaan siswa. Kata Kunci: Keterampilan, Menulis, Teks berita, Strategi Listening Team

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:26
Last Modified: 21 Oct 2019 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15239

Actions (login required)

View Item View Item