Kemampuan menulis Teks Prosedur SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep

Rusmini, Rusmini (2018) Kemampuan menulis Teks Prosedur SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEGERI KABUPATEN PANGKEP.pdf

Download (53MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep pada aspek isi; (3) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep pada aspek struktur; (4) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep pada aspek kaidah penulisan; (5) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep pada aspek ciri kebahasaan. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menghasilkan bentuk angka-angka untuk mengukur kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 152 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dan terpilih kelas VIII-C dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri memeroleh nilai rata-rata 80,54 dengan persentase 77,41% yaitu mampu menulis teks prosedur. pada aspek isi,nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori mampu dengan nilai 86,29. Pada aspek struktur, nilai rata-rata siswa smapel berada dalam kategori mampu dengan nilai 85,48. Pada aspek kaidah penulisan, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori cukup dengan nilai 73,79, dan pada aspek ciri kebahasaan, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori cukup dengan nilai 77,01.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 01:31
Last Modified: 02 Apr 2018 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6455

Actions (login required)

View Item View Item