KeterampilanMenulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Balusu Kabupaten Barru

Rismawati, Rismawati (2015) KeterampilanMenulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Balusu Kabupaten Barru. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB AWAL.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Rismawati. 2014. “KeterampilanMenulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Balusu Kabupaten Barru”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Balusu Kabupaten Barru. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Balusu Kabupaten Barru berjumlah 42 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel yang ditetapkan sebanyak 42 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan mengambil secara keseluruhan siswa karena subjeknya kurang dari 100. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik tes. Data yang diperoleh dari tes diolah dengan menggunakan teknik statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilanmenulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Balusu Kabupaten Barru dikategorikan belum memadai.Hal ini dinyatakan berdasarkan data hasil tes keterampilan siswa menulis cerpen, yaitu sebanyak 13 siswa perempuan kelas VIIa hanya 23,07% yang mampu mencapai nilai 70 ke atas dan tidak ada siswa laki-laki yang mampu mencapai nilai 70 ke atas, serta dari 12 siswa perempuan kelas VIIb hanya 33,33% yang mampu mencapai nilai 70 ke atas dan 8 siswa laki-laki hanya 11,11% yang mampu mencapai nilai 70 ke atas. Berdasarkan hasil penelitian ini, diajukan saran sebagai berikut: (1) Siswa sebaiknya diberikan banyak latihan menulis cerpen. (2) Keterampilan siswa dalam menentukan unsur pembangun cerpen lebih ditingkatkan. (3) Peran orang tua atas perkembangan belajar siswa juga sangat berpengaruh. Untuk itu, para orang tua hendaknya terus memberikan dorongan dan dukungan sehingga siswa lebih semangat dalam belajar dan bermotivasi dalam mengembangkan potensi belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:52
Last Modified: 05 Mar 2018 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item View Item