Pengaruh Model Peta Konsep (Mind Mapping) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Simbang Kabupaten Maros

Ramlia, Ramlia (2017) Pengaruh Model Peta Konsep (Mind Mapping) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Simbang Kabupaten Maros. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Secara umum.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) keterampilan menulis puisi bebas siswa tanpa menggunakan model peta konsep (Mind Mapping), (2) keterampilan menulis puisi bebas siswa dengan menggunakan model peta konsep (Mind Mapping), dan (3) mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis puisi bebas tanpa menggunakan model peta konsep (Mind Mapping), dengan keterampilan menulis puisi bebas menggunakan model peta konsep (Mind Mapping). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen (One-Group Pretest-posttest Design ). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Simbang Kabupaten Maros yang berjumlah 115 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling (Sampel acak). Berdasarkan hasil undian tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian yaitu kelas VIII-C. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik Inferensial hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan pembelajaran menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Simbang Kabupaten Maros dengan model peta konsep (Mind Mapping). Hal tersebut bisa dilihat pada tabel 4.18 klasifikasi kemampuan siswa yang mendapat nilai lebih dari 75-100 terdapat 16 orang dari sampel 22 orang dengan persentase 72,72%. Hasil pengujian Sample Pairet Test menggunakan IBM SPSS Statistics version 20 diketahui bahwa t hitung yaitu -3,685 dan nilai df 21, kemudian nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh yaitu 0,001. Nilai sig. (2-tailed) menunjukkan bahwa lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan dari uji paired sample t-Test pretest dan posttest dapat dikatakan H1 diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci : Peta Konsep (Mind Mapping) Statistik Deskiptif, Statistik Inferensial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Mar 2018 04:59
Last Modified: 22 Mar 2018 04:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5948

Actions (login required)

View Item View Item