HASANA, HUSWATUN (2020) KEEFEKTIFAN MODEL ARIAS (Assurance, Revelence, Interest, Assesment, Satisfication) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIDATO SISWA KELAS IX SMP NEGERI 26 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
SKRIPSI HUSWATUN HASANA - 1451041014.docx Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Huswatun Hasanah, 2020. “Keefektifan Model ARIAS (assurance, revelence, interest, assesment, satisfication) dalam Pembelajaran Keterampilan Berpidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 26 Makassar. Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Usman dan Idawati). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimanakah hasil pembelajaran keterampilan berpidato menggunakan model konvensional siswa kelas IX SMP Negeri 26 Makassar; (2) mengetahui bagaimanakah hasil pembelajaran keterampilan berpidato menggunakan model ARIAS (assurance, revelence, interest, assesment, satisfication) siswa kelas IX SMP Negeri 26 Makassar; dan (3) membuktikan penggunaan model pembelajaran ARIAS (assurance, revelence, interest, assesment, satisfication) efektif diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 26 Makassar. Penelitian ini merupakan pnelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran ARIAS sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IX SMP Negeri 26 Makassar yang berjumlah 246 orang. Sampel yang ditetapkan sebanyak 57 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sample random sampling secara acak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara, teknik rekam dan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil uji-t skor pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh nilai thitung sebesar 0,79 dan p sebesar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 06:05 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 06:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17339 |
Actions (login required)
View Item |