Penguasaan Struktur Teks dan Unsur Kebahasaan Cerita Fantasi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar

FANDINI, INTAN (2018) Penguasaan Struktur Teks dan Unsur Kebahasaan Cerita Fantasi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL INTAN FANDINI.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan struktur teks dan unsur kebahasaan cerita fantasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Data yang dimaksud dalam penelitian ini adalah struktur teks dan unsur kebahasaan yang ditentukan siswa dari cerita fantasi siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah jawaban mengenai struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks cerita fantasi siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes tertulis (kata perintah). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu berupa kata perintah kepada siswa untuk menentukan struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks cerita fantasi Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penguasaan struktur teks dan unsur kebahasaan cerita fantasi siswa bervariasi atau berbeda-beda. Hal ini ditunjukkan dari jawaban siswa dalam menentukan struktur teks dan unsur kebahasaan cerita fantasi yang telah dibagikan, ada 20 siswa yang sesuai dan menguasai dari struktur teks dan unsur kebahasaan cerita fantasi. Pada struktur teks, terdapat 9 siswa yang dapat menentukan ketiga bagian struktur teks dengan lengkap, ada 9 siswa yang dapat menentukan dua bagian struktur teks secara bervariasi, dan 2 siswa yang dapat menentukan satu bagian strukur teks. Sementara pada kaidah kebahasaan, pada penggunaan kata ganti, 3 siswa yang dapat menentukan tiga kata ganti, 7 siswa menentukan dua kata ganti, dan 10 siswa menentukan satu kata ganti. Penggunaan kata untuk deskripsi latar tempat dan latar waktu, tedapat 13 siswa dapat menentukan latar secara lengkap, 7 siswa yang kurang lengkap. Demikian pula penggunaan kata sambung pada urutan waktu, 3 siswa yang dapat menentukan kata sambung penanda urutan waktu secara lengkap, dan 11 siswa hanya dapat menentukan satu atau dua kata sambung penanda urutan waktu, serta 2 siswa tidak dapat menentukan urutan waktu.. Kata Kunci: Struktur Teks , Unsur Kebahasaan, Teks Cerita Fantasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:39
Last Modified: 11 Dec 2018 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11591

Actions (login required)

View Item View Item