“Keefektifan Media Lingkungan dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.”

SARWANA, SARWANA (2016) “Keefektifan Media Lingkungan dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
5. BAB I.doc

Download (62kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng tanpa menggunakan media lingkungan; (2) Mendeskripsikan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng dengan menggunakan media lingkungan; (3) Membuktikan keefektifan media lingkungan dalam pembelajaran menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo, Kabupaten Soppeng. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan yaitu True Experimental Design pada bagian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo. Penarikan sampel dilakukan dengan cara Simple Random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 48 siswa yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas VIII C sebanyak 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan posttes terhadap dua kelas dengan perlakuan berbeda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran menulis puisi bebas pada kelas kontrol yang tanpa menggunakan media lingkungan belum mencapai ketuntasan klasikal (12%) dengan nilai rata-rata 59,80 berada pada kategori rendah, sehingga tidak efektif; (2) Pembelajaran menulis puisi bebas pada kelas eksperimen yang menggunakan media lingkungan telah mencapai ketuntasan klasikal (73,91%) dengan nilai rata-rata 71,52 berada pada kategori sedang dan efektif; (3) Penggunaan media lingkungan efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi bebas, hal ini dibuktikan pada hasil analisis statistik inferensial pada uji statistik inferensial menggunakan independent sample t test.. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,014 > ttabel = 2,012, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Kata Kunci: keefektifan, media, lingkungan, menulis, puisi bebas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 05:50
Last Modified: 30 Apr 2018 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8274

Actions (login required)

View Item View Item