Efektivitas Model Mind Mapping (Peta Konsep) dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar

Ramadhani, Zulfah (2018) Efektivitas Model Mind Mapping (Peta Konsep) dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Zulfah Ramadhani (1151040020).pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) keterampilan menulis teks cerpen siswa tanpa menggunakan model mind mapping(peta konsep); 2) keterampilan menulis cerpen siswa dengan menggunakan model mind mapping (peta konsep); dan 3) mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis cerpen siswa kelas tanpa menggunakan model mind mapping(peta konsep) dengan keterampilan menulis cerpen siswa dengan menggunakanmodel mind mapping (peta konsep). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen experiment control posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Makassar tahun pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan cara purposive random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas XI MIA 1 yang berjumlah 27 orang orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Keterampilan menulis cerpen siswa kelas kontrol berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 67,73. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥70 adalah 11orang (40,7%) dan nilai <70 adalah 16orang (59,3%); 2) Keterampilan menulis cerpen siswa kelas eksperimen berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 76,56. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥70 adalah 22 orang (81,5%) dan nilai <70 adalah 5 orang (18,5%); dan 3) Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t, diketahui = 5,191 dan berarti > . Oleh karena > maka hipotesis penelitian ( ) diterima. Oleh karena itu, model mind mapping (peta konsep) efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 8 Makassar. Kata Kunci: Model Mind Maping (Peta Konsep), Pembelajaran Menulis Cerpen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Aug 2018 07:08
Last Modified: 28 Aug 2018 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10501

Actions (login required)

View Item View Item