Keefektifan Penerapan Model Discovery Lerning dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep

Saing, Dahliah (2018) Keefektifan Penerapan Model Discovery Lerning dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model konvensional yang digunakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep (2) hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep, dan (3) keefektifan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep tahun pelajaran 2015-2016. Penarikan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling (teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu). Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep belum mencapai kriteria ketuntasan belajar yaitu 75% dan hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep mencapai kreteria ketuntasan belajar yaitu 85,7%. Pernyataan ini didukung dan diperkuat dari perhitungan hasil tes bahwa nilai t hitung > t atau 6,959 > 2, 68 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan model Discovery Learning dengan kelas yang menerapkan model konvensional atau H ditolak dan hipotesis penelitian H 1 tabel diterima. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Kata kunci: Model Discovery Learning, teks eksplanasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:31
Last Modified: 09 Apr 2018 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7119

Actions (login required)

View Item View Item