Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen di SMA Negeri 10 Makassar

Mardianti, Mardianti and Mayong, Mayong and Usman, Usman (2019) Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen di SMA Negeri 10 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL MARDIANTI.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dengan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa di SMA Negeri 10 Makassar. Data dalam penelitian ini berupa data perencanaan pembelajaran berupa RPP, data pelaksanaan yang berupa aktivitas guru dalam proses pembelajaran, dan data penilaian pembelajaran berupa proses atau hasil belajar dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Subjek penelitian ini adalah guru kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan, dokumentasi, perekaman dan teknik transkripsi.Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman, yaitu transkripsi data, reduksi data, menganalisis data, verifiikasi, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan trigulasi metode pengamatan dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah merencanakan kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan menjabarkan langkah pada pendekatan saintifik. Kata kunci: Saintifik, Teks Cerpen, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:42
Last Modified: 14 Oct 2019 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15175

Actions (login required)

View Item View Item