Representasi Kekuasaan dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 (Analisis Wacana Kritis Fairclough)

ARLIN, ARLIN (2017) Representasi Kekuasaan dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 (Analisis Wacana Kritis Fairclough). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
(3) BAB I.docx

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan wujud representasi kekuasaan di dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 dengan menggunakan analisis sosial change dari Norman Fairclough. Fokus penelitian ini yaitu analisis teks, produksi teks, dan analisis sosiokultural dengan data berupakosakata, gramatika, dan struktur teks. Penelitian ini merupakan kajian analisis wacana dalam bentuk analisis wacana kritis (AWK). Sumber data dari penelitian ini ialah buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Semester I yang di dalamnya terdapat tiga jenis teks yaitu cerpen, pantun, dan cerita ulang/biografi. Data penelitian ini diperoleh dengan teknik dokumentasi, baca, dan catat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapatkosakata, gramatika, maupun struktur teks yang merepresentasikan wujud kekuasaan di dalam buku teks.Dari tinjauan pemeroduksian teks dan sosiokultural juga memperlihatkan bahwa pemeroduksian wacana dalam buku teks tidak terlepas dari aspek kekuasaan, baik kekuasaan secara individu maupun kekuasaan secara institusi. Kata kunci : representasi kekuasaan, analisis wacana kritis, buku teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:30
Last Modified: 23 Apr 2018 04:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7853

Actions (login required)

View Item View Item