Kompetensi Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabipaten Gowa

MUHTAMAR, ANDI (2018) Kompetensi Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabipaten Gowa. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
VFG.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kompetensi menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa pada aspek penggunaan alur; (2) mendeskripsikan kompetensi menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa pada aspek penggambaran tokoh dan penokohan; (3) mendeskripsikan kompetensi menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa pada aspek pendeskripsian latar; (4) mendeskripsikan kompetensi menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa pada aspek penggunaan gaya bahasa; (5) mendeskripsikan kompetensi menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa pada aspek penggunaan sudut pandang; (6) mendeskripsikan kompetensi menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa pada aspek penentuan tema; dan (7) mendeskripsikan kompetensi menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa pada aspek penyampaian amanat. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Ada pun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini keseluruhan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa yang berjumlah 162 orang yang terbagi atas 5 kelas. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan data dilakukan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pemerolehan siswa pada beberapa aspek berkategori baik bahkan salah satu aspek berkategori sangat baik yaitu amanat. Rata-rata skor siswa dalam menulis cerpen pada aspek alur adalah 3,1 berkategori baik, aspek tokoh dan penokohan adalah 3,2 berkategori baik, aspek latar adalah 3,3 berkategori baik, aspek gaya bahasa adalah 2,5 berkategori baik, aspek sudut pandang adalah 2,6 berkategori baik, aspek tema adalah 3,2 berkategori baik, dan aspek amanat adalah 3,5 berkategori sangat baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa berkompeten atau mampu dalam menulis cerpen. Hal ini dibuktikan oleh hasil pemerolehan sampel yang memperoleh nilai 70 ke atas sebanyak 23 atau 76,7% sedangkan yang memperoleh nilai di bawah 70 sebanyak 7 atau 23,3%. Nilai rata-rata siswa adalah 76,7 berkategori baik.Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu guru bahasa dan sastra Indonesia diharapkan dapat membimbing siswa secara intensif dalam menulis cerpen; siswa diharapkan agar lebih giat belajar dan memahami unsur-unsur intrinsik yang membangun cerpen lebih mendalam; siswa diharapkan agar berlatih menulis cerpen sehingga kompetensi menulis cerpen lebih meningkat lagi; dan peneliti lanjut hendaknya mengembangkan penelitian secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:56
Last Modified: 10 Apr 2018 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7290

Actions (login required)

View Item View Item