“Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar”

HERMAWATI, NENI (2014) “Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
Isi Skripsi.docx

Download (562kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dan peningkatan keterampilan membaca puisi siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Bontomatene. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data pada penelitian ini berupa data proses dan data hasil pembelajaran membaca puisi dengan menerapkan model pembelajaran SAVI. Sumber data penelitian ini adalah seorang guru bahasa Indonesia sebanyak 1 orang dan siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Bontomatene sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Data proses pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dapat meningkatankan keterampilan membaca puisi siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Bontomatene. Pada penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory, Visualization, Intellectualy) siklus I, masih banyak siswa yang bercerita dengan teman sebangkunya ketika pembelajaran sedang berlangsung, siswa kurang serius ketika melaksanakan kegiatan latihan-latihan seperti olah vokal dan olah gerak, serta siswa kurang percaya diri ketika tampil membacakan puisinya. Pada siklus II, siswa mengalami perubahan perilaku dalam pembelajaran secara positif. Selama pembelajaran siswa tampak memperhatikan penjelasan materi dan langkah-langkah pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran SAVI dari guru, beberapa siswa tampak aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, dan siswa tampak lebih percaya diri ketika tampil membacakan puisinya. Pada tahap peningkatan keterampilan membaca puisi siswa, menunjukkan bahwa hasil tes pembelajaran membaca puisi siswa setelah pembelajaran mengalami peningkatan. Hasil analisis tes penampilan membaca puisi berpatokan pada empat aspek penilaian yaitu: lafal, intonasi, pengahayatan, dan ekspresi.Hasil evaluasi dan refleksi terhadap kegiatan siswa dan guru serta pembacaan puisi yang dilakukan siswa, menunjukkan bahwa pada siklus I upaya peningkatan kualitas pembelajaran membaca puisi siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Terbukti pada siklus ini jumlah siswa yang mencapai KKM ≥ 70 hanya (69,57%), sehingga disimpulkan bahwa siklus I tidak berhasil dan harus dilanjutkan ke siklus II sebagai upaya pencapaian tujuan penelitian. Setelah dilanjutkan ke siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca puisi siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Bontomatene. Peningkatan itu ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai nilai KKM ≥ 70 dari kondisi awal sebelum diberi tindakan pada siklus I 69,57 (19 siswa) ke kondisi setelah siklus II diputuskan berakhir 75,93 (28 siswa). Peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM ≥ 70 adalah 6,36 (9 siswa). Sesuai dengan hasil penelitian ini, diajukan saran kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya di tingkat SMA sebagai berikut: (1) pada tahap proses, siswa dapat diarahkan dan dibimbing supaya mengalami perubahan perilaku dalam pembelajaran secara positif sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan kondusif, (2) pada tahap hasil, diharapkan agar keterampilan membaca puisi siswa melalui penerapan model pembelajaran SAVI dapat ditingkatkan, (3) Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menerapkan strategi pembelajaran yang lain untuk menambah pengetahuan dalam penerapan model yang inovatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:34
Last Modified: 01 Mar 2018 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5093

Actions (login required)

View Item View Item