Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Askari Pallangga Kabupaten Gowa

Agita, Ayu Angraini (2017) Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Askari Pallangga Kabupaten Gowa. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Askari Pallangga Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Askari Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 216 orang yang tersebar ke dalam 6 kelas. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 34 siswa SMP Askari Pallangga Kabupaten Gowa. Jenis penarikan sampel yang digunakan adalah random sampling. Penelitian ini dilakukan sebanyak satu kali dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII.A yang berjumlah 34 orang, dilaksanakan pada semester genap, tepatnya pada tanggal 23 Mei 2017 dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja (menulis puisi), sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Askari Pallangga Kabupaten Gowa dikategorikan tidak mencapai standar pencapaian yang telah ditentukan yakni sebanyak 4% dengan kriteria ketuntasan minimal 75. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 1 siswa yang mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penilaian tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan berada pada taraf rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian, siswa yang memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 75 hanya berjumlah 1 orang dengan persentase 4% dan yang memperoleh nilai di bawah 75 berjumlah 33 orang siswa dengan persentase sebesar 83%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 01:44
Last Modified: 28 Mar 2018 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6146

Actions (login required)

View Item View Item