KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Sahbiani, Sahbiani and Saleh, Muhammad and M, Helena Emma Maria (2018) KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL BAHASA INDONESIA.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dalam aspek judul melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa 2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dalam aspek identifikasi melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa 3) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dalam aspek deskripsi melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa 4) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dalam aspek penutup melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa dan 5) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dalam aspek penggunaan bahasa melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskripsi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII yang berjumlah 342 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih, yaitu kelas VII-1 dan VII-2 yang berjumlah 64 siswa yang masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes unjuk kerja (menulis deskripsi) yang dilakukan terhadap siswa dengan cara siswa diberikan LK (lembar kerja) kemudian siswa menulis teks deskripsi dengan memperhatikan aspek judul, identifikasi, deskripsi, penutup, dan penggunaan bahasa. Keseluruhan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menulis teks deskripsi melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga berada pada kategori cukup mampu dengan perolehan nilai secara keseluruhan 56,01%. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa dari seluruh sampel, yaitu 57 orang, tidak seorangpun siswa yang memperoleh nilai sangat mampu dengan rentang skor 86 sampai 100, yang memperoleh nilai mampu adalah 3 orang (5,26%), yang memperoleh nilai cukup mampu adalah 30 orang (52,63%) dan yang memperoleh nilai kurang mampu adalah 24 orang (42,10%). Dengan demikian disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 1 Pallangga cukup mampu menulis teks deskripsi. Oleh karena itu penulis menyarankan hendaknya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia mencari strategi pembelajaran lain seperti cooperative learning dengan kreasi yang berbeda guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran khususnya dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Kata kunci: Kemampuan, Menulis Teks Deskripsi, Media Gambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2018 07:46
Last Modified: 18 Dec 2018 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11655

Actions (login required)

View Item View Item