“Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik dalam Dialog Pementasan Drama Melalui Menyimak Video Rekaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba Tahun Ajaran 2012-2013”

Islawarman, Islawarman (2013) “Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik dalam Dialog Pementasan Drama Melalui Menyimak Video Rekaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba Tahun Ajaran 2012-2013”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
Hasil.docx

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK kripsikan kemampuan memahami unsur intrinsik dalam dialog pementasan drama melalui menyimak video rekaman siswa kelas XI SMA negeri 2 Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba, secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan memahami alur, tokoh dan penokohan, latar, tema, dan amanat dalam dialog pementasan drama melalui menyimak video rekaman siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kuantitatif. Desain deskriptif kuantitatif adalah rancangan penelitian yang menggambarkan variabel penelitian dalam bentuk angka-angka. Angka-angka tersebut menjadi gambaran kemampuan memahami unsur intrinsik dalam dialog pementasan drama. Angka-angka tersebut diperoleh melalui tes objektif pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bonto Tiro tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 115 orang. Diasumsikan bahwa penelitiaan ini bersifat homogen karena penempatan siswa dalam satu kelas tidak didasarkan pada prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Penarikan sampel dilakukan secara acak, yaitu peneliti mengambil sampel dari setiap kelas dengan cara mengadakan pengundian. Dengan demikian, peneliti memberi hak yang sama kepada setiap subjek yang ingin dipilih. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitiaan ini adalah observasi dan tes, dengan istrumen berupa tes objektif pilihan ganda yang berjumlah 25 nomor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bonto Tiro secara umum belum mampu memahami unsur intrinsk dalam dialog pementasan drama melalui menyimak video rekaman. Secara khusus tergambar, siswa belum mampu memahami alur, latar, tema, dan amanat. Sedangkan pada aspek tokoh dan penokohan dikategorikan telah mampu. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan kepada guru bahasa Indonesia agar menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik dalam dialog pementasan drama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:56
Last Modified: 27 Feb 2018 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5024

Actions (login required)

View Item View Item