Keterbacaan Wacana dalam Buku Teks Bahasa Indonesia “Ekspresi Diri dan Akademik” Cetakan Kedua Melalui Metode Cloze Test Siswa Kelas X SMAN 1 Makassar

Khairil, Khairil (2015) Keterbacaan Wacana dalam Buku Teks Bahasa Indonesia “Ekspresi Diri dan Akademik” Cetakan Kedua Melalui Metode Cloze Test Siswa Kelas X SMAN 1 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
KHAIRIL.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterbacaan wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia “Ekspresi Diri dan Akademik” Cetakan Kedua pada Siswa Kelas X SMAN 1 Makassar Melalui Metode Cloze Test. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas X SMA Negeri 1 Makassar yang terbagi menjadi delapan kelas untuk MIA (Matematika dan Ilmu Alam) dan tiga kelas untuk IIS (Ilmu-ilmu Sosial). Dalam penelitian ini ditetapkan sampel sebanyak 30 responden yang terdiri dari kelompok kelas MIA dan kelompok kelas IIS, penarikan sampel dilakukan dengan sampel acak kelompok (cluster random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Cloze Test. Keseluruhan data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan bantuan program komputer Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan wacana yang diujikan kepada siswa terdapat enam wacana yang berada pada tingkat baca independen/bebas, yaitu wacana wacana I yang berjudul “Karbon” memiliki persentase 80,9%, wacana II berjudul “Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Ditilang” memiliki persentase 60,7%, wacana III yang berjudul “Tata Cara Pemilihan Ketua RT dan Wakil Ketua RT” memiliki persentase 61,6%, wacana IV yang berjudul “Untung Rugi Perdagangan Bebas” memiliki persentase 72,4%, wacana V yang berjudul “Pemimpin Sosial dan Politik Tidak Harus Mempunyai Pendidikan Formal yang Tinggi” memilik persentase 89,6%, wacana VI yang berjudul “Anekdot Hukum Peradilan” memiliki persentase 88,5%. Terdapat satu wacana yang tergolong kategori tingkat baca instruksional/sedang yaitu wacana VII yang berjudul “Ekspor Kain Sarung ke Negeri Yaman” memiliki persentase 47,2% dan satu wacana yang tergolong kategori tingkat baca frustasi/sulit yaitu wacana VIII yang berjudul “Langkah Pelestarian Hewan” memiliki persentase 39,5. Rata-rata tingkat baca keseluruhan wacana adalah 68 % berada pada kategori tingkat baca independen/bebas yang menandakan bahwa tingkat keterbacaan wacana sangat tinggi. Hasil seperti itu menjadikan wacana yang ada dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia “Ekspresi Diri dan Akademik” Cetakan Kedua pada Siswa Kelas X yang ditulis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih kurang baik untuk dijadikan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2018 05:19
Last Modified: 03 May 2018 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8401

Actions (login required)

View Item View Item