Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Terhadap Bahasa Indonesia

Ahamd, Dian Ekawati (2018) Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Terhadap Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 95-101. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Dian Ekawati_Sikap Bahasa Mahasiswa.pdf

Download (325kB) | Preview

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam bertutur. Masyarakat lebih memilih menggunakan bahasa asing dan bahasa gaul (Slang) dibandingkan dengan menggunakan bahasa Indonesia berdasarkan kaidah yang berlaku dan menganggap bahwa bahasa baku hanya digunakan pada situasi resmi saja. Tak terkecuali mahasiswa yang sudah faham betul fungsi dan kedudukan bahasa sebagai bahasa pengantar dan bahasa pemersatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap positif dan sikap negatif mahasiswa dalam memandang dan menyikapi bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah memanfaatkan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen pembagian angket yang dibuat dengan menggunakan skala Likert dan pengamatan langsung. Hasil penelitian ini adalah 1. Sikap berbahasa Indonesia mahasiswa berdasarkan indikator kesetiaan terhadap bangsa Indonesia menunjukkan bahwa kesetiaan terhadap bahasa Indonesia mencerminkan sikap bahasa yang negatif. 2. sikap berbahasa Indonesia mahasiswa berdasarkan indikator kebanggaan terhadap Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa kebanggaan mahasiswa terhadap bahasa Indonesia bersifat negatif. 3. Sikap berbahasa Indonesia mahasiswa berdasarkan indikator kecenderungan untuk menggunakan bahasa Indonesia menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kecenderungan yang tinggi dalam penggunaan bahasa Indonesia. Kata kunci : sikap bahasa, kesetiaan bahasa, kebanggaan bahasa.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:32
Last Modified: 30 Oct 2018 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11313

Actions (login required)

View Item View Item