“Keefektifan Model Peta Konsep (Mind Mapping) dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMAN 9 Makassar”

Jumalang, Jazar (2016) “Keefektifan Model Peta Konsep (Mind Mapping) dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMAN 9 Makassar”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan siswa dalam menulis teks cerpen menggunakan metode konvensional atau tanpa menggunakan model peta konsep (Mind Mapping) di kelas XI SMAN 9 Makassar, (2) mendeskripsikan keterampilan siswa dalam menulis teks cerpen menggunakan model peta konsep (Mind Mapping) di kelas XI SMAN 9 Makassar, dan (3) Membuktikan adanya keefektifan model peta konsep (Mind Mapping) dalam menulis teks cerpen menggunakan model peta konsep (Mind Maapping). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 9 Makassar. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sample penelitian sebanyak 52 siswa yang terbagi atas kelas XI IPS3 sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa dan kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan posttes terhadap dua kelas dengan perlakuan berbeda. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil menulis teks cerpen siswa kelas kontrol menggunakan metode konvensional tidak tuntas karena hanya dua siswa yang memenuhi KKM atau 7,6% dari 26 siswa. (2) Hasil menulis teks cerpen siswa kelas eksperimen menggunakan model peta konsep (Mind Mapping) tuntas sebanyak 17 siswa yang memenuhi KKM atau 65,3% dari 26 siswa. (3) Model peta konsep (Mind Maping) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa kelas XI SMAN 9 Makassar. Hal ini dibuktikan pada uji statistic inferensial menggunakan independent sample t test. Hasil uji-t ini menunjukkan nilai thitung>ttabel. Dalam hal ini thitung = 9,945, sedangkan ttabel = 2,008, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesisnol (H0) ditolak. Kata Kunci: keefektifan, model peta konsep (mind mapping), menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 05:53
Last Modified: 30 Apr 2018 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8275

Actions (login required)

View Item View Item