“Penerapan Teknik Two Stay-Two Stray dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentatif Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 11 Makassar”

Rajab, Maryam (2013) “Penerapan Teknik Two Stay-Two Stray dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentatif Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 11 Makassar”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1.docx

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentatif melalui teknik pembelajaran Two Stay-Two Stray pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Classroom action research (penelitian tindakan kelas). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/observasi, evaluasi, dan refleksi. Proses/tindakan dan hasil belajar siswa dalam setiap siklus dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini didasarkan pada pelaksanaan, dan hasil. Perencanaan yang dilakukan pada penelitian ini yakni pembuatan silabus dan RPP yang mendasari jalannya suatu kegiatan pembelajaran menulis paragraf argumentatif. Perencanaan pada siklus pertama berbeda dengan perencanaan pada siklus kedua. Perencanaan pada siklus pertama masih belum terlaksana dengan baik dalam penggunaan RPP yang dipengaruhi oleh alokasi waktu yang belum dimanfaatkan dengan baik. Sedangkan perencanaan pada siklus dua penggunaan RPP sudah bisa dilakukan dengan baik sesuai alokasi waktu yang digunakan. Pelaksanaan yang dilakukan pada penelitian ini memiliki perbedaan pada siklus 1 dan siklus II. Siklus 1 siswa masih kurang memahami dan kurang antusias dalam melaksanakan pembelajaran menulis paragraf argumentatif ini ditandai dengan terdapatnya 16 siswa yang masih mendapatkan nilai kurang dalam menulis paragraf argumentatif. Sedangkan pada siklus II siswa sudah mampu memahami pembelajaran menulis paragraf argumentatif dengan baik, ini ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa dalam menuliskan paragraf argumentatif, peningkatan ini dipengaruhi oleh penggunaan media contoh paragraf argumentatif dan media gambar yang menjadi perbedaan dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan menulis paragraf argumentatif siswa kelas X-2 SMA Negeri 11 Makassar tahun ajaran 2012/2013 dapat dikatakan meningkat melalui teknik Two Stay-Two Stray, ini dapat ditandai dengan adanya peningkatan menulis paragraf argumentatif berkisar 70% siswa yang mendapat nilai yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 08:00
Last Modified: 27 Feb 2018 08:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5060

Actions (login required)

View Item View Item