Kemampuan Membaca Memahami Teks Cerita Fabel (Moral) SiswaKelas IX SMP Negeri 1 Makassar

Asdah, Atikah Nurul (2018) Kemampuan Membaca Memahami Teks Cerita Fabel (Moral) SiswaKelas IX SMP Negeri 1 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
artikel skripsi.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuanmemamahami struktur isi teks cerita fabel (moral) siswa Kelas IX Tahun Ajaran 2017/18SMP Negeri 1 Makassar dan (2) mendeskripsikan kemampuan memahami ciribahasa teks cerita fable (moral) Siswa Kelas IX Tahun Ajaran 2017/2018 SMP Negeri 1Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskriptif. Populasipenelitian ini ialah semua siswa kelas IX SMP Negeri 1 Makassar yang berumlah 362 orang siswa. Dalam penelitian ini ditetapkan sampel sebanyak satukelas, yaitu kelas IX – 2 yang berjumlah 37 siswa. Penarikan sampel dilakukandengan sampel acak berimbang (Proporsional random sapling). Teknikpengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes uraian (essay) dengan dua teks cerita fabel yang berkaitan dengan struktur isi dan ciri bahasanya. Keseluruhan data yang terkumpuldianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitaif dengan skala nilai 0-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel yang memperoleh nilai 76 ke atas berjumlah 12 (32,43%). Sebaliknya, siswa sampel yang memperoleh nilai di bawah 76 berjumlah 25 (67,57%) siswa. Dengan demikian, disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 1 Makassar belummampu memahami teks cerita fabel (moral). Oleh karena itu, penulis menyarankan kepada para guru,khususnya yang mengajarakan mata pelajaran bahasa Indonesia pada sekolahmenengah pertama kiranya hasil penelitian ini menjadi masukan untukmeningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 May 2018 02:52
Last Modified: 17 May 2018 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8632

Actions (login required)

View Item View Item