PERAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

R, Mantasiah (2011) PERAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. In: KIMLI 2011, 9-12 Oktober 2011, Bandung.

[img]
Preview
Text
KIMLI 2011.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak, tidak hanya dimulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi, akan tetapi pendidikan karakter seyogianya dimulai sejak anak usia dini dimana anak belum mengenal dunia luar. Membangun karakter anak, haruslah diawali dari lingkup yang terkecil yaitu dimulai dari lingkup keluarga karena pembinaan dan pendidikan terhadap anak secara dini dalam keluarga merupakan momentum yang sangat mendasar. Pendidikan agama, budi pekerti, tatakrama, dan baca-tulis-hitung yang diberikan secara dini di rumah serta teladan dari kedua orangtuanya akan membentuk kepribadian dasar dan kepercayaan diri anak yang akan mewarnai perjalanan hidup selanjutnya. Untuk menyampaikan pesan-pesan moril sebagai cikal bakal terbentuknya karakter anak pada usia dini, dibutuhkan suatu media atau alat yang disebut bahasa. Bahasa sebagai sistem lambang bunyi yang digunakan untuk berkomunikasi serta menyampaikan pesan sosial penuturnya juga mempunyai peran yang sangat penting karena sebagai agen penyebar virus positif terhadap karakter dan budaya anak. Bahasa yang digunakan dalam keseharian anak banyak meniru dari lingkungan keluarga dan masyarakat. Untuk itu orang tua harus mampu berkomunikasi dengan bahasa yang proporsional di depan anak-anak mereka. Orang tua harus menyadari bahwa apapun perkataan yang dilontarkan dari mulut mereka akan direkam oleh anak dan suatu saat akan dipergunakannya. Penggunaan bahasa yang cenderung kasar, keras, dan meledak-ledak akan berimplikasi terhadap pembentukan karakter anak yang kurang baik. Sebaliknya, penggunaan bahasa yang santun dan sopan yang sering didengar oleh anak baik dari orang tua maupun lingkungannya akan berimplikasi terhadap pembentukan karakter anak yang baik pula. Dengan mengimplementasikan tata cara berkomunikasi dan berbahasa yang santun dan sopan akan menimbulkan efek yang positif bagi anak usia dini yaitu pembentukan karakter yang berkualitas untuk mempersiapkan generasi penerus yang berdaya saing tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mantasiah R
Date Deposited: 29 Dec 2017 00:57
Last Modified: 29 Dec 2017 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3884

Actions (login required)

View Item View Item