Kemampuan Membedakan Makna Denotasi dan Konotasi dalam Wacana Narasi Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar

AMELIA, FITRIA (2016) Kemampuan Membedakan Makna Denotasi dan Konotasi dalam Wacana Narasi Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I-V.docx

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan membedakan makna denotasi dan konotasi dalam wacana narasi bahasa Makassar siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 367 orang dengan penyebaran 11 kelas. Adapun populasi tersebut bersifat homogen karena urutan kelas tidak berdasar pada kemampuan akademik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik random sampling. Penarikan sampel dilakukan dengan mengundi nama kelas yang terdiri dari 11 kelas sehingga didapatkan satu sampel yaitu siswa kelas VIII-4 sebanyak 33 orang sesuai dari jumlah populasi kelas. Untuk mendapatkan data yang akurat dalam penelitian ini, maka digunakan tes isian dan tes essay sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-4 SMPN 24 Makassar belum mencapai standar pencapaian yang ditentukan yaitu 85% dengan kriteria ketuntasan minimal (75 KKM) berdasarkan hasil penelitian terdapat 14 siswa mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penilaian keterampilan siswa secara keseluruhan berada pada taraf rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ternyata siswa yang memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) hanya 14 orang dengan persentase 42% dan yang memperoleh di bawah KKM 19 siswa dengan persentase 58%. Dengan tidak berhasilnya penelitian ini maka pembelajaran mengenai makna khususnya makna denotasi dan konotasi harus ditingkatkan guna meningkatkan kemampuan siswa dengan menerapkan dan menggunakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengubah hasil belajar siswa yaitu mampu membedakan makna denotasi dan konotasi dalam wacana narasi bahasa Makassar. Kata kunci : Keterampilan membedakan makna denotasi dan konotasi, bahasa Makassar, dan wacana narasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2017 05:57
Last Modified: 14 Mar 2018 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4161

Actions (login required)

View Item View Item