CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN SABUN MEDIA ELEKTRONIK (KAJIAN FEMINISME)

Darwis, Anugrah and Ismail, Taufik (2018) CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN SABUN MEDIA ELEKTRONIK (KAJIAN FEMINISME). Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 71-79. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Anugrah Dawis. Citra Perempuan.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Citraan merupakan gambaran yang dimiliki orang banyak mengenai pribadi, atau kesan mental (bayangan) visual yang ditimbulkan oleh sebuah kata, frasa atau kalimat, dan merupakan unsur dasar konsep citra wanita. Perempuan merupakan salah satu objek atau simbol dalam penawaran barang dan jasa yang gencar digunakan oleh media massa. Sehingga antara media massa dan perempuan adalah dua hal yang hampir selalu berkaitan. Iklan mempunyai andil besar dalam menciptakan citra dari brand, perusahaan, atau sponsor yang ada di balik iklan tersebut baik secara positif maupun negatif. Dalam media cetak maupun elektronik, terlihat bagaimana kisah perempuan yang tertindas, perempuan yang hanya dijadikan sebagai pemuas nafsu birahi laki-laki, dan bagaimana standar kecantikan bagi kaum laki-laki. Pada umumnya penggambaran perempuan dalam media massa diwarnai oleh stereotype dan komoditisasi alias pelaris produk. Hal tersebut dapat dicermati dari iklan yang banyak mengumbar sosok perempuan hanya dari aspek kecantikan, kemolekan dan keindahan tubuh saja. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan citra perempuan dalam iklan sabun elektronik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang memfokuskan penelitian citra perempuan dalam iklan sabun lifebuoy dan lux sebagai objek penelitian menggunakan kajian feminisme. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik heuristik dan hermeneutika. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) citra perempuan dalam iklan sabun lifebuoy ditemukan citra perempuan dalam aspek keluarga; (2) Citra perempuan dalam iklan sabun lux terdapat citra perempuan secara psikis, fisik, dan citra sosial; Kata kunci : Citra Perempuan,Iklan, Kritik Feminisme

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 27 Oct 2018 14:12
Last Modified: 27 Oct 2018 14:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item