Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bugis melalui Metode Konstruktivisme pada Siswa Kelas IX.4 SMP Negeri 1 Watansoppeng

YANTI, YUSTINA (2016) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bugis melalui Metode Konstruktivisme pada Siswa Kelas IX.4 SMP Negeri 1 Watansoppeng. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
YUSTINA.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuann untuk mendeskripsikan penerapan metode konstruktivisme dan untuk meningkatkan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui metode konstruktivisme siswa kelas IX.4 SMP Negeri 1 Watansoppeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Lokasi. Waktu penelitian secara efektif dimulai bulan Januari – Februari 2016. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah observasi, catatan harian guru, dan tes hasil belajar siswa. Data dalam penelitian ini adalah tes dan data perilaku. Data tes diperoleh dari hasil tugas membuat puisi dengan kategori: (1) tema puisi, (2) nada, (3) amanat, (4) isi puisi, (5) penggunaan bahasa figuratif, (6) diksi, dan (7) kata konkret, serta dari hasil tes kemampuan siswa menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru pada saat proses belajar mengajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa di kelas IX.4 SMP Negeri 1 Watansoppeng pada saat melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran puisi. Penerapan metode konstruktivisme dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi bahasa bugis pasa siswa kelas IX.4 SMp Negeri 1 Watansoppeng telah memadai, terbukti pada keberhasilan proses belajar. Hal ini disebabkan karena guru membangkitkan motivasi dan minat siswa serta membatu siswa dalam penulisan kosakata bahasa bugis. Guru dan siswa secara kolaboratif meningkatkan evektivitas pengajaran melalui metode konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kontruktivisme dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas IX.4 SMP Negeri 1 Watansoppeng. Hal tersebut dapat dibuktikan dari rata-rata hasil pembelajaran menulis puisi pada siklus 1 hanya memperoleh nilai rata-rata 73 berada dalam kategori sedang. Kemudian, pada siklus 2 mencapai 8 berada dalam kategori tinggi. Nilai tertinggi adalah 93 dan terendah adalah 73

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 May 2018 03:13
Last Modified: 22 May 2018 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8717

Actions (login required)

View Item View Item