“Penerapan Metode STAD dalam Meningkatkan Pembelajaran Membaca Memahami Karangan Persuasi Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Bungin Kabupaten Enrekang”

Aris, Aris (2013) “Penerapan Metode STAD dalam Meningkatkan Pembelajaran Membaca Memahami Karangan Persuasi Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Bungin Kabupaten Enrekang”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
ISI.docx

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran membaca memahami karangan persuasi dengan menggunakan metode STAD pada siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Bungin Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia sebanyak 1 orang dan 26 siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Bungin Kabupaten Enrekang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu: observasi, tes dan angket. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada siklus I ternyata kurang memuaskan dan suasana kelas kurang kondusif. Terlihat dari aktivitas siswa yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan angket, guru belum melaksanakan kegiatan pembelajaran secara maksimal. Guru tidak menguasai kelas dengan baik dan kurang memotivasi siswa, sehingga masih terdapat siswa yang sulit memahami pembelajaran atau materi yang dijelaskan. Setelah dilakukan perbaikan terhadap masalah pada siklus I. Pada siklus II siswa lebih antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran, saling bekerja sama dalam kelompok, serta berani dalam mengemukakan pendapatnya dalam mendiskusikan ide pokok, informasi, serta mampu menyimpulkan informasi dalam karangan yang mereka baca. Peningkatan pembelajaran membaca karangan persuasi dengan menggunakan metode STAD ini, sudah terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Peningkatan itu terlihat dari nilai rata-rata siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar (67,43%) dan nilai pada siklus II sebesar (84,87). Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II, dinyatakan mengalami peningkatan sebesar (17,44%). Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran bagi guru bidang studi bahasa Indonesia khususnya di tingkat SMA hendaknya kreatif dalam menentukan metode dalam pembelajaran kemampuan membaca agar siswa tidak merasa jenuh mengikuti pembelajaran. Bagi siswa, disarankan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran membaca. Selain itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan metode pembelajaran yang lain untuk menambah khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2018 00:13
Last Modified: 28 Feb 2018 00:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5064

Actions (login required)

View Item View Item