PROBLEMATIKA GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 PADA SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR

Afriansyah, Andi (2021) PROBLEMATIKA GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 PADA SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1614834727412.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam penyusunan indikator pembelajaran, problematika guru dalam penyusunan langkah-langkah pembelajaran, dan problematika guru dalam penyusunan penilaian pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket dan wawancara. Selanjutnya, data dianalisis dengan deskriptif naratif yang dilakukan dengan tiga alur yaitu: (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan temuan berupa: (a) problematika dalam penyusunan indikator pembelajaran, (b) problematika dalam penyusunan langkah-langkah pembelajaran, (c) problematika dalam penyusunan penilaian pembelajaran yang terbagi dalam tiga penilaian yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Kata kunci: Problematika, Kuriklum 2013, indikator pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, penilaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 05:41
Last Modified: 18 Mar 2021 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19512

Actions (login required)

View Item View Item