Peningkatan Perbendaharaan Kosakata melalui Media Kartu Kata Siswa Kelas VIII.D SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa

Rostinah, Zainuddin (2014) Peningkatan Perbendaharaan Kosakata melalui Media Kartu Kata Siswa Kelas VIII.D SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB 1 - BAB V.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rostinah Zainuddin, 2014. Peningkatan Perbendaharaan Kosakata melalui Media Kartu Kata Siswa Kelas VIII.D SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Bahasa Fakultas Keguruan ddan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Salam dan Azis). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini, yaitu; (1) untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata pada siswa kelas VIII.D SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa; (2) untuk mendeskripsikan peningkatan perbendaharaan kosakata melalui media kartu kata pada siswa kelas VIII.D SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.D SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa 46 orang terdiri atas siswa laki-laki 21 orang dan siswa perempuan 25 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes hasil belajar siswa, sedangkan analisis data yang digunakan adalah deksriptif kualitatif dan deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui media kartu kata Siswa Kelas VIII.D SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Pada siklus I yakni terdapat 21 orang atau 45.65% yang tuntas, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 43 orang atau 93.47% yang tuntas. Selain itu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 64.76 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80.30. Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia seiring dengan peningkatan kualitas proses pembelajaran Bahasa Indonesia dan aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran dengan menggunakan media kartu kata, berupa: dapat meningkatkan kedisiplinan, serta antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:52
Last Modified: 05 Mar 2018 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item