Kemampuan Menggunakan Konjungsi dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X Madrasah Aliah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

NUR AF IDAH, HALIK (2015) Kemampuan Menggunakan Konjungsi dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X Madrasah Aliah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK NUR AF IDAH HALIK. 2015. “Kemampuan Menggunakan Konjungsi dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X Madrasah Aliah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Mahmudah dan Andi Fatimah Junus). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menggunakan konjungsi koordinatif dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X Madrasah Aliah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dan (2) mendeskripsikan kemampuan menggunakan konjungsi subordinatif dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X Madrasah Aliah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kuantitatif. Hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah penggunaan konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif dalam menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X Madrasah Aliah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Tes yang digunakan adalah tes tertulis berupa teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan konjungsi yang digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X Madrasah Aliah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 56 siswa yang tersebar ke dalam dua kelas. Kemudian, sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi. Hal ini berdasarkan pernyataan Arikunto (2002: 112) yang menyatakan bahwa apabila populasi kurang dari 100, maka semua populasi diambil sebagai sampel sehingga penelitian tersebut adalah penelitian populasi. Dari hasil penelitian menunjukkan siswa kelas X Madrasah Aliah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan tidak mampu menggunakan konjungsi koordinatif dalam menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini dibuktikan dari 56 sampel penelitian, sebanyak 13 siswa (23,2%) memperoleh nilai 70 ke atas, sedangkan 43 siswa (76,8%) memperoleh nilai kurang dari 70. Sementara itu, dari hasil penelitian menunjukkan siswa kelas X Madrasah Aliah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan tidak mampu menggunakan konjungsi subordinatif dalam menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini dibuktikan dari 56 sampel penelitian, sebanyak 6 siswa (10,7%) memperoleh nilai 70 ke atas, sedangkan sebanyak 50 siswa (89,3%) memperoleh nilai kurang dari 70. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran: (1) pembelajaran menulis terkhusus pada penggunaan konjungsi dalam menulis teks laporan hasil observasi haruslah lebih ditingkatkan lagi agar siswa tidak hanya menggunakan konjungsi yang lazim digunakan selama ini; dan (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti jenis konjungsi lain yang lebih banyak lagi sehingga memberikan sumbangsi ilmu kepada guru bahwa ternyata selama ini masih banyak konjungsi yang perlu untuk dikaji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:51
Last Modified: 05 Mar 2018 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item View Item