“Analisis Problematika Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 bagi Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Pallangga”

NUR, APRIANI (2015) “Analisis Problematika Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 bagi Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Pallangga”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
3. GABUNGAN BAB 1,2,3,4, dan 5.docx

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, 1) masalah-masalah yang dihadapi guru bahasa Indonesia SMP Negeri I Pallangga dalam menyusun RPP; 2) Kelengkapan dokumen RPP yang disusun guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri I Pallangga berdasarkan Standar Proses untuk Pendidikan Menengah (Permendikbud No. 65 Tahun 2013); dan 3) Kesesuaian isi dokumen RPP mata pelajaran bahasa Indonesia guru SMP Negeri I Pallangga dengan Standar Isi untuk Pendidikan Menengah (Permendikbud No. 64 Tahun 2013). Data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan para guru bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Pallangga dan dokumen berupa RPP guru bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yaitu para guru bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Pallangga. Untuk memeroleh data penelitian digunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif naratif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pallangga mengalami kesulitan/kendala dalam penyusunan RPP kurikulum 2013. Kesulitan/kendala yang dihadapi, yaitu pertama, pada pemetaan KI, KD, dan perumusan indikator. Kedua, pada komponen penilaian. Ketiga, materi pembelajaran. Keempat, perencanaan kegiatan pembelajaran. Kelima, sistematika penulisan RPP; 2) Dokumen RPP guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII dan VIII SMP Negeri I Pallangga tidak berdasarkan Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (Permendikbud No.65 Tahun 2013), kecuali kelas IX; 3) Isi dokumen RPP yang disusun guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri I Pallangga tidak sesuai Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah (Permendikbud No.64 Tahun 2013). Bedasarkan hasil penelitian ini, diajukan saran untuk para guru atau calon guru bahasa Indonesia. Hendaknya lebih teliti dalam menyusun RPP dengan memperhatikan standar proses dan isi kurikulum 2013. Hendaknya juga guru lebih aktif dan bersemangat dalam berdiskusi, mengikuti kegiatan seminar, diklat, mencari dan berbagi informasi seputar kurikulum 2013 serta mengikuti MGMP dengan lebih serius sehingga lebih mudah dalam mendalami/menelaah tentang kurikulum 2013, utamanya dalam penyusunan RPP. Selain itu, diajukan pula saran kepada peneliti selanjutnya untuk menkaji lebih dalam setiap kendala yang dihadapi para guru dalam menyusun RPP agar masalah tersebut dapat diatasi segera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:29
Last Modified: 27 Feb 2018 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5042

Actions (login required)

View Item View Item