KEEFEKTIFAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT (PENGALAMAN PENTING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP

Ashari, Ari (2018) KEEFEKTIFAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT (PENGALAMAN PENTING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL ARI ASHARI.docx

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas kontrol tanpa menggunakan Strategi Critical Incident (Pengalaman Penting); 2) keterampilan menulis cerpen siswa eksperimen denggunakan Strategi Critical Incident (Pengalaman Penting); dan 3) mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis cerpen siswa kelas kontrol tanpa menggunakan Strategi Critical Incident (Pengalaman Penting) dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas eksperimen dengan menggunakan Strategi Critical Incident (Pengalaman Penting). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen experiment control posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pangkajene tahun pelajaran 2017-2018. Penarikan sampel dilakukan dengan cara purposive random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 26 orang orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Keterampilan menulis cerpen siswa kelas kontrol barada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 69,80. Jumlah siswa yang memperoleh nilai keefektifan ≥70 adalah 14 orang (53,5 %) dan nilai <70 adalah 12 orang (46,5%); 2) Keterampilan menulis cerpen siswa kelas eksperimen berada pada kategori efektif dengan nilai rata-rata 78,5. Jumlah siswa yang memperoleh nilai keefektifan ≥70 adalah 23 orang (88,5%) dan nilai <70 adalah 3 orang (11,5%); dan 3) Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t, diketahui t_hitung = 4,702 dan t_tabel=1,71 berarti t_hitung>t_tabel. Oleh karena t_hitung>t_tabel maka hipotesis penelitian (H_1) diterima. Oleh karena itu, strategi critical incident (pengalaman penting) efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Kata Kunci: Strategi Critical Incident, Pembelajan Menulis Cerpen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Aug 2018 07:29
Last Modified: 23 Aug 2018 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item