“Keefektifan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI MAS Allu Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto”

Ramli, Ramli (2014) “Keefektifan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI MAS Allu Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
Skripsi.docx

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas XI MAS Allu Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MAS Allu Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto yang terdiri atas 58 orang, mengingat jumlah populasi yang kurang dari seratus orang maka peneliti menggunakan penarikan sampel total, yakni seluruh jumlah populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata siswa dalam kegiatan menulis naskah drama dengan menggunakan media audiovisual (kelas eksperimen) adalah 8,3. Sedangkan nilai rata-rata dalam kegiatan menulis naskah drama siswa tanpa menggunakan media audiovisual (kelas kontrol) adalah 6,6. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perolehan nilai siswa antara kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian, penggunaan media audiovisual efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas XI MAS Allu Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media audiovisual efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis naskah drama. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada: (1) para siswa, agar lebih serius dalam kegiatan pembelajaran menulis naskah drama, bagaimanapun keseriusan dan pengetahuaan siswa sangat membantu dalam kesuksesan pembelajaran; (2) guru bahasa Indonesia, agar menggunakan media yang menarik dalam kegiatan pembelajaran di kelas, dalam pembelajaran menulis naskah drama guru dapat mempergunakan media audiovisual karena sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis; (3) kepada peneliti selanjutnya, diharapkan lebih mengkaji lagi manfaat lain dari media audiovisual dalam keterampilan berbahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2018 01:57
Last Modified: 28 Feb 2018 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5071

Actions (login required)

View Item View Item