“Efektivitias Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar”

ANDRIANI, ANDRIANI (2014) “Efektivitias Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ANDRIANI.doc

Download (32kB)

ABSTRAK ANDRIANI. 2014.“Efektivitias Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar”. Dibimbing oleh Jufri dan Mayong Maman. Penelitian ini bertujuan: (1) mengkaji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar; (2) mengkaji efektivitas pengajaran konvensional dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar; dan (3) membuktikan model pembelajaran berbasis masalah efektif digunakan dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksprimen murni. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 148 siswa yang tersebar ke dalam lima kelas jurusan Matematika dan Ilmu Alam (MIA), yaitu kelas X MIA 1 sampai dengan X MIA 5. Dengan cara random sampling terpilih kelas X MIA 5 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan, yaitu tes. Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah teknik pretes, perlakuan, dan postes. Data yang diperoleh dengan dua cara dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar dengan pengajaran konvensional menunjukkan pengaruh yang kurang baik karena masih ada siswa yang memperoleh nilai 2,66 ke bawah. Perolehan nilai yang mencapai nilai 2,66 adalah sebanyak 29 siswa (96,67%). Kedua, hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar dengan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan pengaruh yang sangat baik. Di antara 30 orang siswa kelas eksperimen, terdapat 30 siswa pula yang memperoleh nilai di atas 2,66 atau 100%. Ketiga, model pembelajaran berbasis masalah efektif diterapkan dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Hal ini tampak pada nilai t -4,803 dengan signifikansi (p) 0,000. Kaidah yang digunakan adalah jika atau p-value < 0,05. Kesimpulannya adalah bahwa hipotesis diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan yang menggunakan pengajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima, yaitu jika p-value < 0,05. ABSTRACT ANDRIANI. 2014. The Effectiveness of Problem Based Learning Model in Writing Text Exposition of Grade X Students at SMAN 1 Polewali in Polewali Mandar District. Supervised by Jufri and Mayong Maman. The study aims at (1) descovering the effectiveness of conventional learning model in writing exposition text of grade X students at SMAN 1 Polewali in Polewali Mandar district, (2) examining the effectiveness of problem based learning model in writing exposition text of grade X students at SMAN 1 Polewali in Polewali Mandar district, and (3) proving that problem based learning model is effective to be used in writing exposition text of grade X students at at SMAN 1 Polewali in Polewali Mandar district. The study is an experiment research. The study uses pure experiment desing. The populations of the study Wet 148 grade X students SMAN 1 Polewali in Polewali Mandar district which spread in five classes of Mathematics and Sciences (MIA), from grade X MIA 1 to grade X MIA 5. Samples Wet taken by employing random sampling and obtained 30 students of grade X MIA 5 as an experiment class and 30 students of grade X MIA 1 as a control class. The instrumen used was the test. Techniques used in collecting the date were pretest, treatment, and postest. Data were analyzed by employing descriptive statistic analysis and inferential statistic analysis. The results of the study reveal that First, the learning out comes in writing exposition text of grade X students at SMAN 1 Polewali in Polewali Mandar district using conventional learning indicated unfavorable influence because there were students who obtained the score below 2,66. Students who could achieve 2,66 were 29 students or 96,7%. Second, the learning outcomes in writing exposition text of grade X students at SMAN 1 Polewali in Polewali Mandar district using problem based learning model indicated excellent influence. Thirty out of thirty students in the experiment class obtained the score above 2,66 or 100%. Third, problem based learning model is effective to be applied in writing exposition text of grade X students at SMAN 1 Polewali in Polewali Mandar district, proved by t -4,803 with the level of significant (p) 0,000. The convention used is if or p-value < 0,05. The conclusion of the study is, the hypothesis is accepted that there are significant differences between the class which used problem based learning model and conventional learning. It indicates that the proposed research hypothesis is accepted, if p-value < 0,05

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Dec 2016 02:53
Last Modified: 09 Dec 2016 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item View Item