Kesantunan Berbahasa pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar

Mustika, Cica (2016) Kesantunan Berbahasa pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
bab 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
bab 5.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa dalam interaksi dari guru ke siswa, siswa ke guru, dan siswa ke siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa dalam bentuk percakapan. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar pada situasi formal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam, mentranskripsi, dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengklasifikasi dan mengelompokkan tuturan yang berwujud kalimat deklaratif, interogatif, imperatif, ekslamatif, dan empatik yang di dalamnya terdapat kesantunan berbahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesantunan berbahasa dalam interaksi dari guru ke siswa, siswa ke guru, dan siswa ke siswa adalah sebagai berikut. Pertama, kesantunan berbahasa dalam interaksi dari guru ke siswa yang berwujud kalimat deklaratif adalah maksim kearifan, pujian, dan pemufakatan; kalimat interogatif adalah maksim kearifan dan pujian; kalimat imperatif adalah maksim kearifan; kalimat ekslamatif adalah maksim kearifan. Kedua, bentuk kesantunan berbahasa dalam interaksi dari siswa ke guru yang berwujud kalimat deklaratif adalah maksim kedermawanan dan pemufakatan; kalimat interogatif adalah maksim kedermawanan; kalimat imperatif tidak terdapat dalam proses pembelajaran; kalimat ekslamatif adalah maksim kearifan. Ketiga, bentuk kesantunan berbahasa dalam interaksi dari siswa ke siswa yang berwujud kalimat deklaratif adalah maksim kearifan, kedermawanan, pemufakatan, dan simpati; kalimat interogatif adalah maksim kearifan, kedermawanan, dan simpati; kalimat imperatif adalah maksim kearifan; kalimat ekslamatif menaati maksim kearifan. Adapun kesantunan berbahasa dalam interaksi dari guru ke siswa, siswa ke guru, dan siswa ke siswa tidak terdapat pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Kata Kunci: kesantunan berbahasa, kalimat, maksim

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 07:17
Last Modified: 06 Nov 2017 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3825

Actions (login required)

View Item View Item