Hubungan antara Peguasaan Gagasan Utama dan Struktur Kalimat dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru

SASMAYUNITA, SASMAYUNITA (2014) Hubungan antara Peguasaan Gagasan Utama dan Struktur Kalimat dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SASMAYUNITA,.doc

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK SASMAYUNITA, 2014. Hubungan antara Peguasaan Gagasan Utama dan Struktur Kalimat dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Tesis, Makassar: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar. ( dibimbing oleh Johar Amir dan Salam). Penelitian ini bertujuan mengkaji ada atau tidaknya hubungan antara (1) penguasaan gagasan utama dan kemampuan membaca pemahaman; (2) penguasaan struktur kalimat dan kemampuan membaca pemahaman; (3) penguasaan gagasan utama dan struktur kalimat secara bersama-sama dengan kemampuan membaca pemahaman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Barru kelas VIII Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru yang berjumlah 220 siswa. Sampel berjumlah 39 yang diambil secara acak, yaitu pemilihan sampel berdasarkan pada nomor absen yang ganjil pada setiap kelas. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah dengan tes penguasaan gagasan utama, tes penguasaan struktur kalimat, dan tes kemampuan membaca pemahaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa korelasi regresi dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan antara penguasaan gagasan utama dan kemampuan memabaca pemahaman dengan p-value 0,000 < 0,05, dengan harga F sebesar 57,07%, besar sumbangannya 60,7 % (2) ada hubungan antara penguasaan struktur kalimat dan kemampuan membaca pemahaman dengan p-value 0,000 < 0,05 dengan harga F sebesar 17,404% besar sumbangannya 32,0 % (3) ada hubungan antara penguasaan gagasan utama dan struktur kalimat terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan p-value 0,000 < 0,05 dengan harga F sebesar 33,555 %, besar sumbangannya 65,1%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama penguasaan gagasan utama dan struktur kalimat memberi sumbangan yang berarti kepada kemampuan membaca pemahaman sebesar 65,1 %. Ini menujukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang baik bagi kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian ini juga mengindikasikan bahwa guru yang mengajar pelajaran bahasa Indonesia perlu lebih memotivasi penguasaan struktur kalimat dan gagasan utama untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:23
Last Modified: 26 Jan 2017 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item