PENERAPAN MEDIA BERMAIN MONOPUISI DALAM MEMBACA PUISI SISWA KELAS X SMA CITRA BANGSA PULAU KODINGARENG MAKASSAR

RAHMAWATI, SITTI (2018) PENERAPAN MEDIA BERMAIN MONOPUISI DALAM MEMBACA PUISI SISWA KELAS X SMA CITRA BANGSA PULAU KODINGARENG MAKASSAR. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
Artikel (Rahmawati S.).docx

Download (27kB)

Abstract

PENERAPAN MEDIA BERMAIN MONOPUISI DALAM MEMBACA PUISI SISWA KELAS X SMA CITRA BANGSA PULAU KODINGARENG MAKASSAR Abstrak Rahmawati S. 2018. “Penerapan Media Bermain Monopuisi Dalam Membaca Puisi Siswa Kelas X SMA Citra Bangsa Makassar Pulau Kodingareng”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Hajrah.) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media bermain monopuisi sebagai media pembelajaran dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran monopuisi, pada siswa kelas X SMA Citra Bangsa Pulau Kodingareng Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu peneliti mengungkapkan dan menjelaskan permasalahan mendalam penelitian dengan cara mendeskripsikan secara naratif data, fakta dan informasi yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama penerapan media monopuisi dilakukan melalui dua proses peraturan bermain dan cara bermain. Peraturan bermain yaitu (1). Berkelompok masing-masing kelompok beranggotakan 4(empat) orang, (2). Membaca puisi yang dipilih oleh temannya, (3). Megambil dan megembalikan puisi, (4). Mencatat poin yang didapatkan oleh temannya. Cara bermain yaitu setiap siswa membentuk kelompok, masing masing kelompok beranggotakan 4 orang siswa. Masing-masing siswa yang berada dalam kempoknya akan menjalankan tugasnya. Pemaian 1 akan bermaian terlebih dahulu di papan monopuisi yang sudah disediakan oleh peneliti, beserta dadu sebagai penentu jalannya permainan bersama kartu kesempatan dan kartu terpaksa. Pemaian 2 bertugas untuk megambilkan puisi keberuntungan dan pemaian tiga bertugas untuk mengembalikan puisi yang sudah dibacakan. Selanjutnya pemaian 4 mencatat nilai yang diberikan untuk mengaspirai puisi yang sudah dibacakan oleh para pemain. Kedua yaitu: pemelajaran dengan menggunakan permainan monopuisi bila dirancang dengan baik, maka media pembelajaran akan menarik, efektif, dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran, Terlihat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, Dapat mendukung pembelajaran individual sesuai kemampuan siswa. Kata Kunci: kualitatif, permainan monopuisi, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 May 2018 03:27
Last Modified: 18 May 2018 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8645

Actions (login required)

View Item View Item