Keefektifan hypnoteaching dalam menullis pusis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar

BAHARUDDIN, AYUNDARI (2016) Keefektifan hypnoteaching dalam menullis pusis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan metode hypnoteaching, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode hypnoteaching, dan (3) mengetahui keefektifan metode hypnoteaching dalam menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pre-experimental (one Group pretest-postetst design ) yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Makassar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII6. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis tertulis. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, (3) analisis statistik deskriptif, dan (4) analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran tanpa menggunakan hypnoteaching dalam pembelajaran menulis puisi tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM),(2) pembelajaran menulis puisi menggunakan hypnoteaching telah mencapai kriteria ketuntasan Maksimal, dan (3) dari hasil analisis data menunjukkan bahwa metode hypnoteaching efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi siswa, terbukti dengan pencapaian hasil menulis puisi siswa. Sebelum diterapkannya metode hypnoteching, nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 70,67 yang nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah diterapkannya metode hypnoteaching yaitu sebesar 79,87 yang dikategorikan tinggi. Selain itu dari hasil analisis dengan menggunakan rumus uji t, nilai t_hitung>t_tabel maka hipotesis penelitian (H_1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode hypnoteaching efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Nov 2017 02:01
Last Modified: 03 Nov 2017 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item